Kepribadian dan Emosi akan jadi fokus dalam The Sims 4

Share

thesims-4-logoGame The Sims yang merupakan game dengan genre Life Simulation dari Electronic Arts akan segera mendapatkan seri terbaru yakni The Sims 4. Game terbaru ini diharapkan dapat memberikan kepribadian dan emosi ke dalam Sims.

 

 

Game The Sims kini sudah berumur 14 tahun sejak game The Sims pertama kali dirilis untuk PC pada bulan Februari 2000. Kini game The Sims sudah memiliki 4 serial yaitu The Sims, The Sims 2, The Sims 3, dan The Sims Medieval dengan lebih dari 50 add-ons yang membuat game The Sims terus menerus berkembang dari segi konten maupun gameplay.

thesims-4-emotion-bored

Namun sayangnya semua itu tidak dapat memberikan rasa "manusia" terhadap Sims yang kita mainkan dalam game. Para gamer tidak dapat merasakan dirinya sebagai Sims yang dimainkan karena Sims dirasa terlalu kaku dan monoton dalam melakukan berbagai hal. Jadi dapat dikatakan game ini memiliki 2 kekurangan yaitu kepribadian serta emosi di dalam Sims.

Hal itulah yang ingin dicapai oleh EA Maxis dalam game The Sims 4. Mereka mencoba untuk menghidupkan Sims dengan memberikan kepribadian serta emosi untuk mempengaruhi keputusan serta hal yang akan dilakukan oleh para Sims nantinya. Jadinya di dalam game nanti para Sims akan lebih banyak menunjukkan aspirasi mereka pada berbagai macam hal yang terjadi dan dirasakan oleh Sims itu sendiri. Jadi para Sims akan dapat dengan mudah bosan jika tidak melakukan apapun. Lalu dengan sendirinya Sims dapat melakukan hal yang membuat dirinya senang seperti mengganti baju untuk meningkatkan moral yang akan memberikan rasa percaya diri pada Sims.

thesims-4-emotion-depressed

Nantinya efek-efek moral yang didapatkan oleh Sims akan mempengaruhi bagaimana para Sims melakukan suatu kegiatan. Jika Sims merasa percaya diri maka Ia akan dapat melakukan segala hal dengan lebih baik. Lalu misalkan Sims Anda sedang pergi ke suatu klub malam dan kemudian Anda memberikan Sims Anda cukup banyak minuman, hal tersebut akan memberikan efek "flirty mood" yang akan menambah kemungkinan Sims Anda untuk mendapatkan Sims lain sebagai pasangan. Lalu juga ada "inspired mood", yang akan memberikan efek bonus ketika Anda melakukan hal yang berhubungan dengan seni.

thesims-4-emotion-system

Mood yang paling nyata kami rasakan dalam game The Sims 4 adalah mood bosan setelah pulang bekerja. Ketika Sims kita mengalami kebosanan, Ia akan malas untuk melakukan apapun bahkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah yang kami lihat benar-benar terjadi di dunia nyata. Pastinya pihak Electronic Arts akan terus mengembangkan sistem kepribadian dan emosi untuk membuat game The Sims 4 lebih bervariasi dan lebih mirip dengan kenyataan yang terjadi di lingkungan sosial manusia.

Game The Sims 4 akan dirilis pada tanggal 2 September 2014 untuk PC, sedangkan untuk Mac masih belum diketahui.

evergreen

Other Article