Tips bermain Pokemon X & Y untuk pemula

Share

pokemonxyguide-logoUntuk para gamers yang telah membeli game Pokemon X atau Y untuk 3DS, ataupun untuk para gamers yang berencana untuk membeli game Pokemon terbaru ini dapat membaca beberapa tips pemula yang diharapkan dapat bermanfaat.

 

Berikut ini beberapa guide atau tips untuk para gamers Pokemon X & Y:

1. Tingkatkan kecepatan bermain Anda

Pokemon X/Y boleh dibilang telah berhasil memeperbaiki kekurangan dari beberapa game pokemon sebelumnya, yaitu mempercepat pergerakan karakter. Bila sebelumnya karakter bergerak dengan lamban sekarang lebih cepat dan tidak membuat player menjadi bosan di tengah perjalanan. Tetapi tetap saja teks percakapan dengan NPC masih bergerak dengan lamban. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatur kecepatan teks dengan mengaturnya di pengaturan yang terletak di sebelah kanan bawah layar 3DS Anda, di pengaturan nanti akan ada pengaturan 'text speed' dan Anda hanya perlu mengganti pengaturannya ke paling cepat. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan informasi-informasi penting karena cepatnya pergerakan teks karena teks tidak akan berjalan tanpa tombol yang Anda tekan.

pokemonxyguide-insert1

2. Gunakanlah uang Anda

Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan uang, karena battle dengan NPC akan memberikan Anda banyak uang. Anda sebaiknya menggunakan uang tersebut untuk membeli barang-barang keperluan Anda hingga kira-kira 5-10 setiap item, karena dengan itu Anda tidak perlu mondar-mandir untuk membeli item di kota.

pokemonxyguide-insert2

3. Gunakan skill False Swipe

Pada awal game, Anda akan menerima skill False Swipe. Skill ini sangat berguna, dengan skill ini Anda akan dapat dengan mudah membunuh pokemon-pokemon liar yang Anda temui. Berikan skill ini ke salah satu pokemon Anda. False Swipe memungkinkan Anda memukul pokemon liar hingga HP mereka tersisa 1, dengan ini Anda dapat dengan mudah menangkap pokemon liar tersebut.

4. Letakkan pokemon terlemah Anda di paling depan

Metode ini merupakan metode lama, dimana pokemon lemah Anda letakkan di urutan pertama lalu setelah bertemu pokemon liar atau battle NPC ganti pokemon Anda ke yang paling kuat. Metode ini berguna untuk meningkatkan level pokemon level kecil Anda. Namun dalam pokemon X/Y, terdapat sebuah fitur baru yaitu 'share experience' dimana Anda dapat membagi rata experience yang didapat di setiap pertarungan.

5. Register item Anda

Seperti pada game pokemon sebelumnya, Anda dapat melakukan register item Anda ke hotkey agar Anda dapat menggunakan item tersebut hanya dengan 1 tombol. Biasanya hotkey ini digunakan untuk register sepeda atau alat pancing.

6. Gunakan D-pad untuk mempermudah Anda bergerak

Anda dapat menggerakkan karakter Anda menggunakan circle pad pada 3DS Anda, namun terkadang jempol Anda akan menjadi cepat pegal dan bila Anda menggunakan roler skate atau sepeda, Anda akan sulit untuk mengendalikan karakter Anda karena Anda bergerak terlalu cepat. Untuk itu, saya menyarankan Anda untuk menggunakan D-pad untuk bergerak bila menggunakan roler skate atau sepeda.

pokemonxyguide-insert3

7. Jangan terpaku pada penghalang jalan

Bila Anda menemui batu maupun pohon yang menghalangi sebuah jalan, Anda tidak perlu terlalu fokus bila Anda belum dapat melewatinya. Saya menyarankan demikian karena Anda akan mendapatkan skill untuk melewati penghalang jalan tersebut nanti. Anda juga dapat kembali ke tempat tersebut pada saat Anda memiliki skill tersebut dengan cepat dengan menggunakan skill Fly.

pokemonxyguide-insert4

8. Bicaralah kepada semua NPC

Bicaralah dengan setiap NPC yang Anda temui, karena beberapa NPC akan memberikan Anda info penting maupun item-item yang dapat Anda gunakan nantinya. Jadi jangan melewatkan NPC yang Anda temui, bicaralah dengan mereka.

Semoga tips-tips yang telah diberikan dapat membantu Anda untuk menyelesaikan game ini dengan baik.

evergreen

Other Article

eden-logoPetualangan Seru dengan Raja Arthur dan Merlin Sang Penyihir. Avalon adalah suatu pulau di legenda Britania tempat pedang Excalibur Raja Arthur ditempa. Game Eden – A

...