Anak suka bermain game online? Simak tips untuk para orang tua

Share

parent-guide-kids-logoBermain game online tentu bisa menjadi hal yang mengasikan untuk kalangan anak-anak, kerena mereka bisa bermain bersama pemain lainnya secara online. Namun penting bagi mereka untuk mengerti resikonya dalam bermain game online dan cara untuk mengatasi situasi tersebut. Contohnya jika mereka bertemu dengan pemain game online lain, apa saja informasi yang boleh dan tidak boleh di berikan

kepada pemain lain. Mengetahui apa yang harus dilakukan jika bertemu dengan pemain yang suka melecehkan mereka.

 

Berikut tips untuk para orang tua :

•    Komputer harus selalu “Bersih”: Kebanyakan anak-anak hanya mengerti bagaimana cara bermain game di computer, mereka tidak mengerti cara untuk membersihkan computer dari virus, Trojan dan lainnya. Jadi pastikan computer yang mereka gunakan untuk bermain game online tersebut bersih. Anda bisa memasang firewall, anti-spyware software, ataupun antivirus.

•    Ajarkan untuk membuat sandi(Password) yang panjang dan solid: Pastikan agar mereka selalu menggunakan password yang “kuat” untuk akun game online mereka. Sebuah sandi/password yang kuat biasanya terdiri dari kombinasi angka dan huruf, panjang password setidaknya 8 karakter, gunakan huruf besar dan kecil dan jangan menggunakan nama atau tanggal lahir sebagai password.

•    Tetap perhatikan anak ketika bermain: Pastikan game online yang mereka mainkan itu sesuai dengan rating/umur yang disarankan dari game tsb. Sempatkan diri anda untuk sesekali ikut bermain atau terlibat dalam game online yang mereka mainkan. Beritahu mereka bahwa mereka bisa kapan saja menemui anda apabila ada sesuatu atau apapun yang membuat mereka tidak nyaman ketika bermain game.

parent-guide-kids-ss2


•    Informasi pribadi si anak: Ajarkan kepada mereka untuk tidak menggunakan nama asli mereka pada username game dan hal-hal seperti alamat, umur, dll yang sifatnya pribadi juga tidak boleh diberitahukan ke pemain game lain.

•    Ajari cara mengatasi masalah: Ajarkan kepada mereka cara mengatasi masalah dalam game. Masalah yang biasanya terjadi di dalam game adalah pelecehan atau cyberbully. Anda bisa mengajarkan mereka untuk menyimpan data percakapan yang kasar, melecehkan mereka. Biasanya setiap game online menyediakan tombol untuk melakukan “screenshot”, ini adalah salah satu cara untuk menyimpan bukti jika mereka dilecehkan.

parent-guide-kids-ss1
•    Batasi jam bermain mereka: Biasanya anak-anak suka keasyikan ketika bermain game hingga lupa waktu. Jadi batasi waktu bermain mereka. Beberapa game menyediakan fitur “Parental Control”, ini adalah fitur yang baik untuk para orang tua. Parental Control adalah sebuah fitur untuk mengatur berapa jam si anak boleh bermain, siapa saja yang boleh bermain dengan mereka.
Jika anda tidak mengerti cara menggunakan “parental control”, anda bisa membaca nya di sini


Demikian beberapa tips untuk para orang tua, semoga membantu.

Source : http://www.staysafeonline.org

 

evergreen

Other Article