Tips menggunakan Ward / Mata dalam DotA 2 (Part 1)

Share

dota2-logoMenggunakan Ward atau mata merupakan sebuah seni dalam game DotA 2. Jika Anda dapat menggunakan Ward dengan se-efektif mungkin, maka tim Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan. Berikut tips yang akan membantu Anda untuk menguasai seni dari penggunaan Ward.

 

Ward terdiri dari 2 jenis yaitu observer ward and sentry ward. Observer ward akan memberikan penglihatan pada suatu area selama 6 menit dalam jarak 1600 baik di waktu siang maupun malam. Sementara itu, sentry ward akan memberikan "true sight" (dapat melihat unit yang menghilang) selama 3 menit dalam jarak 950.

dota2ward-main

Merah - Ward untuk Rune

Kuning - Rune di bukit

Pink - Ward di line untuk defense/attack

Hijau - Ward di hutan

Biru - Ward untuk melakukan push

Putih - Posisi ward untuk kondisi tertentu

3 Poin penting dalam DotA 2

Garis Ungu - Peletakan ward akan menyebabkan neutral creep tidak spawn

Kami akan menjelaskan lebih detail setiap tempat dengan urutan di atas (Merah ke Putih). Dalam setiap bagian kami akan membahas posisi ward dari atas ke bawah dalam setiap minimap yang telah kami tandai dan juga dari kiri-ke-kanan jika posisi ward di setiap line sama secara horizontal. Setiap tempat akan disertai dengan screenshot agar mempermudah Anda dalam mempelajari seni dari penggunaan Ward.

 


 

Merah - Ward untuk Rune

Posisi Ward di tempat merah akan memberikan penglihatan pada Rune, namun selain itu Ward juga akan memberikan banyak keuntungan.

1. The Dire Rune dan hutan

Ward akan memberikan penglihatan yang bagus di daerah sungai dan Rune serta camp neutral creep tim The Dire. Posisi ini juga dapat menjadi tempat yang strategis bagi kedua tim, tetapi manfaatnya akan jauh lebih baik bagi tim The Dire jika mereka ingin melindungi "Jungler" mereka. Posisi ini juga dapat digunakan oleh tim The Radiant untuk menggeroyok jungler musuh, tetapi sayangnya posisi ini hanya akan menunjukkan 1 camp neutral creep saja. Kegunaan utama posisi ini bagi kedua tim adalah untuk mendeteksi keberadaan Rune dan melindungi jalur atas dari pengeroyokan.

 dotawardguide 1a

dotawardguide 1b

Perhatikan posisi Ward. Anda harus menempatkannya di sudut kiri atas untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik pada camp neutral creep.

2. The Radiant shop dan Rune

Memberikan penglihatan yang sangat baik pada sungai dan Rune, tetapi sebagian besar penglihatan di bagian sungai tidak memberikan dampak yang signifikan. Posisi 1 merupakan pilihan terbaik, namun tempat ini bisa digunakan untuk menghindari pertarungan ward dengan pihak lawan.

dotawardguide 2a

dotawardguide 2b

3) The Dire mid-top Rune

Posisi yang sangat strategis bagi tim The Radiant. Posisi ini tidak hanya melindungi solo line tim Radiant dari para ganker yang datang dari line atas tetapi posisi ini juga akan memberikan penglihatan pada Rune dan juga daerah hutan dari bagian The Dire. Kegunaan terakhirnya adalah untuk memberikan last hit pada Hero musuh yang berusaha kabur di daerah tersebut.

dotawardguide 3a

dotawardguide 3b

4) The Radiant mid-top Rune

Sama seperti posisi 3, tapi posisi ini akan lebih banyak digunakan oleh tim The Dire. Posisi ini lebih sering digunakan di awal pertandingan dibandingkan nomor 5 (penjelasan lebih lanjut di posisi 5).

dotawardguide 4a

dotawardguide 4b

5) The Radiant Ancient dan Rune

Memberikan penglihatan yang jauh lebih besar daripada posisi 4 karena Anda dapat melihat camp Ancient pada sisi tim The Radiant dan juga Rune sekaligus. Namun hal tersebut tidak terlalu berguna hingga mid game karena tidak ada Hero yang akan melakukan farming selama awal permainan. Posisi 4 juga akan memberikan penglihatan yang lebih baik dari sungai dimana Anda dapat menghindari gank dari jalur atas. Setelah tim The Radiant mulai melakukan farming di camp Ancient ini, tim The Dire harus mulai memasang di posisi ini untuk mengeroyok Hero musuh yang sedang farming di tempat tersebut.

dotawardguide 5a

dotawardguide 5b

6) The Dire river dan Rune

Posisi ini memberikan penglihatan yang baik pada tempat masuh hutan The Radiant untuk melindungi para jungler, namun akan terdapat alternatif yang lebih aman bagi tim Radiant. Posisi ini lebih populer untuk digunakan tim The Dire karena posisi ini akan melindungi solo line dari setiap ganker yang berasal dari hutan The Radiant. Tim The Radiant sering mengeroyok dengan melalui jalan ini dan bersembunyi di balik hutan di samping Tower 1 tim The Dire.

dotawardguide 6a

dotawardguide 6b

Perhatikan posisi Ward. Anda harus meletakkanya pada jarak sekitar 150 dari jalan menurun. Jika Anda menempatkannya tepat di jalan menurun, Ward Anda akan sering mengalami "counter ward" karena terdapat posisi yang berguna untuk mendeteksi ward di posisi 7 dan 8 serta posisi 6 jika Anda meletakkannya pada posisi yang salah.

7) The Dire Roshan dan Rune

Posisi ini dapat dikatakan setara dengan posisi 1. Posisi ini akan memberikan penglihatan pada camp medium neutral creep, Rune serta jalan masuk ke dalam hutan. Poisis ini memiliki keuntungan yang lebih naik daripada posisi 1 karena tempat ini juga memberikan penglihatan pada jalan masuk ke Roshan dan karena hal tersebut counter ward akan sering terjadi. Berbeda dari posisi 1, tim The Dire dapat menggunakan posisi ini untuk bertindak secara agresif erhadap jungler tim musuh karena jarak dari line dengan camp medium neutral creep tidak terlalu jauh.

dotawardguide 7a

dotawardguide 7b

Perhatikan posisi Ward. Jika Anda menempatkannya terlalu tinggi, pohon-pohon akan menghalangi penglihatan dari ward sehingga ward menjadi kurang efektif.

8) The Radiant Roshan dan Rune

Alternatif dari posisi 7 dan bertujuan untuk melindungi jungler tim The Radiant. Posisi ini akan memberikan penglihatan yang lebih baik pada pintu masuk hutan dan pintu masuk Roshan, namun posisi ini tidak memperlihatkan camp medium neutral creep sehingga tim The Dire akan lebih memilih posisi 7 daripada posisi 8. Peru diperhatikan bahwa karena posisi 7 dan posisi 8 merupakan tempat yang sangat populer maka tempat ini terjadi counter ward.

dotawardguide 8a

dotawardguide 8b

9) The Radiant Rune dan hutan

Alternatif lain dari posisi 8 dan merupakan posisi terbaik untuk melindungi para jungler dari tim Radiant. Ini merupakan posisi yang sangat strategis karena posisi ini memberikan penglihatan yang sangat luas dan juga memperlihatkan jalan ke arah camp small neutral creep. Tempat ini juga akan jarang mengalami counter ward karena posisinya yang jauh dari posisi 7 dan 8. Kelemahan posisi ini untuk tim The Dire adalah kurangnya penglihatan pada bagian sungai sedangkan untuk tim The Radiant adalah tidak adanya penglihatan pada jalan masuk Roshan karena tim The Dire sering melalui jalan tersebut.

dotawardguide 9a

dotawardguide 9b

10) The Radiant Rune dan blok hutan

dotawardguide 10a

dotawardguide 10b

Catatan: Tempatkan ward setinggi mungkin untuk mendapatkan penglihatan terbaik.

11) The Radiant Rune dan blok hutan

Posisi ini memberikan penglihatan pada Rune dan juga para ganker dari hutan. Namun posisi ini akan mematikan spawn dari camp strong neutral creep dan karena posisinya jauh dari posisi 7 maka tempat ini tidak rentan terhadap counterward. Tempat ini akan kurang efektif jika terdapat Hero jugler seperti Enchantress atau Chen karena kedua Hero tersebut dapat mereka mengalahkan strong neutral creep dengan mudah. Memblokir tempat ini juga akan menyebabkan Hero Enchantress tidak dapat menggunakan 2 camp strong neutral creep untuk melakukan "push".

dotawardguide 11a

dotawardguide 11b

12) The Radiant Rune dan antigank

Posisi ini akan menjadi posisi defensif yang sangat kuat. Posisi ini biasanya digunakan oleh tim The Dire untuk melindungi pemain solo di line bawah. Posisi ini akan memberikan penglihatan pada setiap rencana "busuk" musuh yang datang dari belakang hutan atau melalui sungai serta dapat memperlihatkan Rune. Jika Anda sampai membutuhkan posisi ini maka berarti Anda sedang menghadapi seorang musuh yang agresif di 3 line. Dalam kondisi tersebut, gunakan posisi 59 untuk benar-benar mematikan musuh agresif tersebut. Dengan begitu musuh Anda akan ketinggalan baik dalam level dan gold sehingga Anda telah berhasil melumpuhkan awal permainan mereka.

dotawardguide 12a

dotawardguide 12b

Catatan: Banyak player termasuk para Pro yang menempatkan ward pada posisi ini di tepi tebing. Tapi jika Anda menempatkannya sedikit lebih jauh dari tebing seperti yang kami lakukan, maka Anda akan penglihatan pada Rune dan juga penglihatan yang baik di hutan.

 


 

Kuning - Rune di bukit

Kedua posisi ini akan memberikan penglihatan 360 derajat dengan jarak 1600 yang memperlihatkan banyak lokasi strategis yang sangat penting. Posisi ini sangat populer karena sangat strategis jadi Anda pasti akan banyak mengalami counter ward.

13) The Dire uber ward

Memberikan penglihatan pada camp small dan large neutral creep sekaligus memperlihatkan area di belakang tower 2. Posisi ini bisa dugnakan sebagai alternatif posisi 45 dan dapat memberikan dukungan kepada Anda saat melakukan push line.

dotawardguide 14a

dotawardguide 14b

Catatan: Letakan ward sedikit di sebelah kiri agar Anda dapat mendapatkan penglihatan pada camp small neutral creep.

14) The Radiant uber ward

Posisi ini memberikan penglihatan pada camp large neutral creep dan juga dapat memperlihatkan rencana dari tim The Radiant saat tim The Dire sedang melakukan push pada tower 2 di line tengah dan bawah.

dotawardguide 15a

dotawardguide 15b

Catatan: Dalam DotA 1, jika Anda meletakkanya di sudut kanan atas maka Anda akan menghalau spawn dari camp large neutral creep. Hal ini tidak berlaku di DotA 2, namun jika Anda tetap mencoba hal tersebut dan berhasil menghalau spawn dari camp large neutral creep maka musuh akan segera melakukan counter ward di posisi tersebut.

 


 

Pink - Ward di line untuk defense/attack

 

Posisi ini tidak memberikan penglihatan pada rune ataupun camp neutral creep. Namun posisi ini memberikan penglihatan pada line dengan tingkat lalu lintas Hero yang tinggi dan juga posisi ini sering digunakan ketika salah satu tim sudah mulai melakukan gank dengan strategi. Selain itu line ward juga memberikan penglihatan pada Tower sehingga dapat mencegah para ganker yang menggunakan Town Portal Scroll dan juga memberikan keuntungan selama awal permainan.

15) The Dire top solo

Jika Anda (The Dire) melakukan solo di line atas dan Anda melawan Hero yang agresif di 3 line maka Anda dapat menempatkan ward di posisi ini untuk mendapatkan penglihatan di sungai serta di belakang hutan untuk melihat apakah ada Hero musuh yang masuk. Bahkan ward ini bisa mencegah tim The Radiant untuk dari menarik camp large neutral creep karena ward ini akan mencegah mereka untuk spawn.

dotawardguide 16a

dotawardguide 16b

16) The Dire top vs line agresif

Sebuah posisi ward untuk tim The Dire yang berguna untuk melawan musuh yang melakukan gank dengan teleport/dari arah sungai, dan musuh yang agresif di 3 line.

dotawardguide 17a

dotawardguide 17b

Catatan: Banyak pemain Pro dan amatir yang menempatkan ward sedikit ke arah kanan untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik di area sungai. Tapi Anda bisa meletakkanya sedikit ke arah kiri untuk mendapatkan penglihatan yang jauh lebih baik ke arah Tower dan memberikan Anda peringatan pada ganker yang menggunakan Town Portal Scroll.

17) The Dire antigank

Salah satu posisi yang paling populer selama midgame untuk tim The Radiant yang agresif dan juga untuk tim The Dire yang defensif. Posisi ini memberikan penglihatan pada 4 jalan yang sering digunakan serta memperlihatkan secara sekilas Hero yang sedang ingin farming di camp medium dan large neutral creep.

dotawardguide 18a

dotawardguide 18b

Catatan: Pohon akan memblokir penglihatan di daerah ini sehingga Anda harus memotong pohon tersebut atau meletakannya secara tepat tanpa kesalahan sama sekali. Posisi ini akan memberikan penglihatan ke arah bawah, kanan, dan pintu masuk ke camp medium dan large neutral creep.

18) The Dire mid line

Posisi ini memberikan penglihatan yang jelas dari sisi bukit bagian The Dire dan memberikan keuntungan dalam melakukan last hit pada Hero tim The Radiant di line tengah. Namun posisi ini tidak akan memberikan banyak peringatan dari para ganker yang masuk dari line atas atau bawah dan juga tidak memperlihatkan Rune. Gunakan posisi ini juga musuh di line tengah adalah Hero ganker yang kuat dan akan melakukannya secara terus menerus ketika sudah memiliki gold dan level.

dotawardguide 19a

dotawardguide 19b

 

19) The Dire anti-Roshan

Posisi yang berguna untuk bagi kedua tim. Jika Anda melihat seluruh tim The Dire berjalan di sepanjang jalan ini, maka Anda dapat dengan aman berasumsi bahwa mereka sedang melawan Roshan. Anda memang tidak dapat melihat mereka di dalam tempat Roshan, namun Anda akan lebih cepat mendapatkan peringatan sehingga Anda memiliki waktu lebih untuk bereaksi. Jika Tower 2 pada line tengah dan bawah dari tim The Dire telah hancur maka posisi ini akan sangat krusial. Tempat ini sering digunakan oleh Hero Pudge atau Sand King untuk bersembunyi dan menunggu giliran menyerang.

dotawardguide 20a

dotawardguide 20b

20) The Radiant mid line

dotawardguide 21a

dotawardguide 21b

Counter dari posisi 18 milik The Dire.

21) The Dire mid line

Alternatif lain bagi The Radiant untuk posisi 18. Kali ini posisi ward akan memberikan penglihatan di area sungai ke bawah. Posisi ini akan melindungi Hero solo mid Anda, dan Anda dapat gunakan posisi ini jika Anda merasa line bawah akan mengeroyok Anda.

dotawardguide 22a

dotawardguide 22b

Catatan: Tempatkan tepat di tepian. Jika terlalu dekat ke Tower maka ward akan dapat terlihat.

22) The Radiant mid lane

dotawardguide 23a

dotawardguide 23b

Counter dari posisi 21 milik The Dire.

23) The Radiant mid tingkat 2 anti-set play

Mirip dengan posisi 19, ward tidak akan banyak memberikan penglihatan sehingga cukup dimuat dengan 1 gambar. Tapi gambar kedua kami masukkan untuk menunjukkan kepada Anda akan seperti apa bagi tim The Radiant jika tidak ada ward di sana. Memang tempat ini tidak terlalu banyak memberikan penglihatan, namun jika Tower 2 dari tim Radiant sedang di-push maka di sinilah tempat Hero "inisiator" sedang menyiapkan serangan.

dotawardguide 24a

dotawardguide 24b

24) The Radiant bottom vs line agresif

Sama seperti posisi 16 namun ini milik The Radiant. Sekali lagi posisi ini digunakan untuk melawan gunakan musuh yang agresif di 3 line dan gangker dengan TP (Town Portal) / dari arah sungai.

dotawardguide 25a

dotawardguide 25b

25) The Radiant bottom vs line agresif (alternatif)

Alternatif untuk posisi 24. Posisi Ini tidak memberikan penglihatan pada Tower musuh sehingga Anda harus lebih berhati-hati pada ganker TP. Namun posisi ini akan memberikan penglihatan yang lebih baik dari area sungai serta di belakang hutan. Kami lebih memiliki posisi ini dibandingkan posisi 24 untuk melawan musuh yang agresif di 3 line. Tapi Anda juga harus melihat keadaan apakah musuh lebih sering melakukan gank dengan TP atau dari arah sungai dan hutan untuk menentukan posisi ward yang tepat.

dotawardguide 26a

Lanjutan Tips menggunakan Ward / Mata dalam DotA 2 dapat Anda baca di sini.

evergreen

Other Article