Kamus Kosakata dalam game League of Legends

Share

lol-kosakata-logoMungkin ada di antara kalian yang masih kebingungan atau tidak tahu arti dari pembicaraan tim yang sudah berpegalaman dalam League of Legends. Berbagai singkatan kadang digunakan dalam pertandingan untuk mempermudah komunikasi.

 

Berbagai singkatan seperti MIA, B, TOP, NM, dan masih banyak lagi sering kali digunakan saat bertanding. Kali ini Tim League of Legends Indonesia akan membagi informasi mengenai beberapa kosakata umum yang sering digunakan dalam permainan agar komunikasi tim tetap terjaga tanpa harus mengorbankan banyak waktu untuk mengetik dalam chat box.

lol-kosakata-main

Berikut ini merupakan beberapa kode umum yang sudah dimengerti oleh kebanyakan pemain League of Legends :

Nama Istilah Penjelasan
AD Attack Damage, biasa merujuk pada champion yang bergantung pada serangan dasar dan bukan tergantung pada magic. Biasanya kamu juga akan mendengar istilah ADC.
ADC AD Carry adalah sebutan untuk Champion yang memberikan Attack Damage yang sangat besar saat permainan berlangsung.
AFK Singkatan dari Away From Keyboard, dan merupakan tindakan yang bisa merugikan tim, dikarenakan Champion kamu tidak bergerak sama sekali, sebisa mungkin hindari tindakan ini kecuali jika sangat-sangat penting.
AP Ability Power, biasa merujuk pada champion yang bergantung pada magic untuk damage yang dikeluarkannya.
AoE Area of Effect, efek area dimana suatu ability berpengaruh secara luas / ke banyak unit, jadi bukan hanya satu target yang terkena, melainkanbeberapa target sekaligus. Contoh: Ability Ultimate dari Amumu, Curse of The Sad Mummy.
Assist Assist    Tindakan untuk membantu Champion teman membunuh Champion lawan, dan jika kamu melakukan ini maka kamu akan mendapatkan Assist Point.
B Back, adalah tanda atau informasi yang diberikan oleh anggota tim untuk mundur dari suatu kondisi, contoh setelah menghancurkan Turret, dan tiba-tiba Champion musuh tidak terlihat di minimap, untuk mencegah sergapan dari musuh maka tanda 'b' ini diberikan. Atau bisa juga sebagai tanda peringatan, yang ke satu Champion atau ke kamu sendiri, yang memberitahu kalau kamu sedang dalam bahaya dan sebaiknya kembali ke tempat aman yaitu Turret terdekat.
Backdoor Tindakan menyelinap ke markas musuh melewati hutan tanpa terdeteksi oleh musuh, dan baru terlihat saat berusaha menghancurkan bangunan. Tindakan ini dilakukan sendirian tanpa bantuan Minion atau Champion lawan, dan biasanya tindakan ini dilakukan oleh Champion yang mempunyai kekuatan serang yang besar (ADC).
Baron Adalah sebutan untuk Monster Netral terkuat yaitu Baron Nashor, yang apabila dikalahkan akan memberikan Buff yang sangat berguna bagi seluruh tim kamu.
Base Sebutan lain untuk Markas, tempat dimana Inhibitor dan Nexus berada, disini kamu juga bisa membeli item serta memulihkan diri Champion kamu.
Bot Ini merujuk pada arah lane/jalur bawah atau dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari bottom. Jika ada yang berkata “saya bot”, artinya orang tersebut akan menuju lane bawah. Ada juga istilah lain yaitu mid dan top yang berarti middle dan top, Jalur tengah dan atas. Bot juga bisa berarti Bot / AI, latih tanding untuk mengasah kemampuan kamu bermain LoL.
Buff Suatu efek yang menaikkan status Champion kamu dalam beberapa saat, biasanya terbatas. Buff bisa didapatkan dari Ability atau dari Monster Netral yang ada di hutan. Terdiri dari Blue Buff dan Red Buff.
Blue Buff Efek Buff yang didapatkan dari Netral Monster Golem, Buff ini akan memberikan Champ kamu regenerasi Mana yang cepat serta mempersingkat Cooldown Ability Champ kamu.
Brush Brush, Grass: atau dahulu dikenal dengan Bush, ini adalah rumput tinggi yang menyebabkan champion kamu menjadi transparan saat kamu masuk kedalamnya. Jadi selama kamu berada di dalam brush dan tidak menyerang, kamu tidak dapat terlihat oleh musuh di luar brush, termasuk minion dan turret. Beberapa ability akan menggagalkan efek ini, seperti serangan dari luar kedalam brush. Jadiberhati-hatilah akan musuh yang mungkin bersembunyi di balik brush.
Care Informasi untuk Champion lawan agar berhati-hati, biasa diberikan saat posisi Champion lawan terlalu jauh dari Turret dan Champion musuh ada yang tidak terlihat di minimap.
Carry Istilah yang dipakai untuk champion yang memiliki kemampuan untuk peningkatan damage yang sangat baik dengan penambahan item dan level. Champion carry terlihat sangat lemah saat awal dan sangat mematikan di akhir.
CC Singkatan dari Crowd Control. Dalam League of Legends, ini biasa merujuk pada “stun”, tetapi dapat juga merujuk pada efek “disable” atau melumpuhkan yang digunakan untuk mencegah champion melakukan aksi. Selain Crowd Control, ada juga orang yang menggunakan CC untuk merujuk pada “Concede” yaitu surrender atau menyerah kalah.
CD Singkatan dari Cooldown. Istilah yang merujuk pada waktu yang dibutuhkan untuk seorang champion dapat menggunakan ability nya kembali.
Champ Singkatan untuk Champion.
Creep Kata lain dari Minion. Unit dalam League of Legends yang digerakkan oleh komputer. Terkadang dapat juga merujuk pada monster atau biasa disebut Neutral Creep. Contohnya seperti Wraith, Golem, dan Lizard pada map Summoner’s Rift.
CS Creep Score, merupakan jumlah Creep / Minion yang Champion kamu bunuh, semakin besar CS maka semakin banyak gold kamu.
DC Disconnect. Keadaan dimana kamu terputus dari server.
Def Merupakan panggilan kepada seluruh tim untuk melakukan defense / bertahan di belakang Turret agar tidak dihancurkan oleh musuh.
DPS Singkatan dari “Damage per Second”, walapun di dalam LoL ini diartikan sebagai damage yang dihasilkan dari auto-attack seorang champion. Istilah ini juga dapat dipakai pada champion yang bukan berperan sebagai Tank atau Support: seorang champion yang unggul dalam menghasilkan damage yang besar secara cepat.
Farm/Farming Aksi dari membunuh minion untuk mendapatkan gold. Orang yang hebat dalam farming dapat membunuh minion yang banyak secara cepat, sehingga mendapatkan banyak gold.
Gank Kegiatan untuk menyergap satu atau lebih Champion musuh bersama-sama dengan satu atau lebih Champion teman.
GG Singkatan dari Good Game. Biasa dipakai setelah permainan sebagai tanda bahwa game ini sangat memuaskan walaupun kalah ataupun menang.
Harass Aksi untuk memberikan damage kepada champion musuh tanpa mengeluarkan seluruh ability untuk membunuhnya. Ini sangat lazim dilakukan untuk semua champion dan merupakan bagian besar dari game itu sendiri. Di kalangan pemain MOBA Indonesia dikenal dengan istiliah cicil atau mencicil.

Jungle/Jungling/Jungler

ungle/Hutan adalah tempat dimana monster netral berdiam diri dan apabila tidak diserang mereka tidak akan menyerang. Jungling adalah kegiatan membasmi semua monster netral untuk mendapatkan experience dan gold tambahan serta untuk mendapatkan Buff spesial. Jungler adalah salah satu peran Champion yang melakukan aktifitas Jungling, biasanya Jungler hanya berkeliling di dalam Hutan dan akan membantu melakukan Gank ke Lane lainnya, jadi waspadalah.
KS KS ada dua versi, yaitu Kill Steal dan Kill Secured. Kill Steal adalah tindakan tidak terpuji yang membunuh Champion musuh yang sebelumnya sudah sekarat karena tindakan Champion teman, namun karena kondisi membutuhkan gold tambahan, maka KS dilakukan padahal Champion teman masih bisa membunuh Champion musuh tersebut. Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan perpecahan dalam tim. Kill Secured adalah tindakan dimana kamu membantu membunuh Champion Musuh yang sebelumnya sudah bertarung dengan Champion teman, namun Champion teman sudah kehabisan Ability atau Mana sehingga Champion musuh berhasil melarikan diri dengan kondisi sekarat, dan kamu bisa melakukan KS agar usaha Champion teman kamu tidak sia-sia.
Lane Ini adalah jalur yang terdapat pada map di League of Legends, pada Summoner's Rift terdapat 3 lane yaitu : Top, Mid, dan Bottom.
Last Hit Aksi dimana Champion kamu melakukan serangan terakhir yang membuat minion atau monster mati. Sewaktu minion atau monster mati, Champion yang mendapat serangan terakhir akan mendapatkan gold tersebut.
MIA/M/MISS “MIA” (missing in action), “MISS”, "M" adalah Istilah pengetikan yang dipakai jika ada Champion musuh yang hilang dari penglihatan atau dari jalurnya. Sebuah tanda peringatan kemungkinan mereka akan melakukan gank. Biasanya digunakan dengan arahan seperti “TOP MIA” "BOT MISS", "MID M", yang artinya seseorang pada lane tersebut tidak terlihat.
NM adalah singkatan dari no mana, informasi ini diberikan ketika kondisi Champion sedang dalam kondisi Mana yang rendah sehingga tidak bisa menggunakan ability untuk membantu.
Push/Pusher Aksi menyerang dengan mendorong atau menekan lawan yang bertujuan untuk menghancurkan bangunan, biasanya Turret. Push yang pintar akan disertai dengan retreat/mundur sementara. Pusher adalah champion yang unggul dalam menghancurkan Turret.
Ulti Salah satudari 4 ability seorang champion yang hanya dapat diambil pada level 6, 11, dan 18. Ultimate biasanya merupakan ability yang sangat efektif dan memiliki cooldown yang cukup lama.

Tentunya kosakata dari game League of Legends masih banyak lagi. Tapi kosakata di atas adalah kosakata yang paling umum dan paling sering digunakan dalam pertandingan LoL di Indonesia maupun di Internasional. Jadi semoga kosakata tersebut dapat membantu Anda untuk menjadi pemain yang lebih mahir dari sebelumnya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak kosakata dalam game League of Legends,maka Anda dapat langsung menuju forum resmi dari League of Legends.

evergreen

Other Article