Hati-hati menginstall aplikasi Pokemon Go lewat Third Party

Share

pkg logoBanyak orang di seluruh dunia tertarik dan sangat ingin mencoba applikasi Pokemon Go yang di rilis minggu ini sampai server game tersebut mengalami "overload". Perusahaan keamanan Proofpoint memberikan peringatan kepada para user yang mendownload aplikasi ini lewat "third party"

ada APK khusus yang sudah di modifikasi untuk menginstall sebuah backdoor yang bernama DroidJack. Aplikasi ini mirip

dengan yang aslinya namun berbeda.

 

pkg ss0

 

Perusahaan tersebut menemukan aplikasi yang sudah di "modif" itu dalam kurun waktu kurang dari 72 jam sejak aplikasi

resminya di rilis di New Zealand dan Australia pada 4 Juli 2016 kemarin. Proofpoint memberitahu cara untuk mengetahui apakah kalian telah menginstall aplikasi tersebut atau tidak. Contoh dalam hal permission, kamu bisa akses lewat Settings->Apps->Pokemon Go. Disini kamu akan melihat beberapa Permission yang tidak lazim dari aplikasi ini yang basisnya berupa augmented reality:

 

pkg ss1

 

Source: Proofpoint 

Kamu bisa mengecek langsung dari blog Proofpoint. Download aplikasi dari luar app store(third party) bukan berarti kamu pasti kena virus, namun resiko terkena applikasi yang sudah di modifikasi termasuk tinggi.

“Bottom line, just because you can get the latest software on your device does not mean that you should,” kata perusahaan tersebut.  “Instead, downloading available applications from legitimate app stores is the best way to avoid compromising your device and the networks it accesses.”

 

So, lebih waspadalah dalam menginstall aplikasi dari tempat lain selain app store.

evergreen

Other Article