Hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam membeli VGA

Share

vga-tips-logoTentunya sebagai seorang gamer, memiliki PC yang mumpuni adalah sebuah kewajiban jika Anda ingin dapat memainkan game-game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi. Pastinya VGA adalah senjata utama Anda untuk dapat mengeluarkan kualitas grafis dari suatu game. Tahukah Anda cara membeli VGA yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

 

 

 

VGA atau Video Graphics Accelerator yang kini lebih dikenal sebagai GPU/Graphics Processing Unit merupakan komponen PC/Notebook yang bertugas untuk menghasilkan grafis pada layar monitor Anda. Hardware yang 1 ini dapat dikatakan sebagai ujung tombak bagi PC Anda untuk dapat menghasilkan kualitas gambar yang optimal pada game-game kesukaan Anda.

Tapi banyak sekali VGA yang dijual dipasaran dengan harga dan spesifikasi yang sangat bervariasi. Apakah Anda tahu cara memilih VGA yang sesuai dengan PC dan kebutuhan Anda? Atau Anda hanya membeli VGA berdasarkan harga atau spesifikasi atau dari saran teman-teman Anda? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih VGA yang sesuai dengan kebutuhan Anda :

 

1. Lihat Model Number dari VGA yang ingin Anda beli.

Dengan melihat Model Number dari VGA yang ingin Anda beli maka Anda dapat mengetahui spesifikasi apa yang digunakan pada VGA tersebut. Mulai dari GPU, Clock Rates, hingga Memory Bandwidth yang dimiliki oleh VGA tersebut. Semua itu adalah informasi yang Anda perlukan untuk melihat apakah VGA tersebut cocok dengan kebutuhan Anda.

vga-tips-modelnumber

Selain itu dengan mengetahui Model Number dari VGA maka Anda dapat mengetahui apakah VGA tersebut merupakan VGA terbaru ataukah VGA yang sudah ketinggalan jaman dan sudah "discontinue" (sudah tidak diproduksi lagi) melalui website-website di internet. Dengan begitu Anda tidak akan tertipu oleh para penjual VGA nakal yang berusaha menjual stok VGA lama mereka yang belum terjual dengan harga yang mahal. Padahal Anda dapat memiliki VGA yang lebih baru dengan harga yang tidak jauh berbeda. Untuk spesifikasi akan kami bahas lebih lanjut pada nomor-nomor berikutnya.

2. Besarnya Memory bukanlah yang utama, Memory Bandwidth yang terpenting!!

Jika Anda selama ini memilih VGA hanya dari besarnya Memory saja misalnya VGA dengan Memory sebesar 1GB DDR 3 atau 2GB DDR 5 saja, maka Anda melakukan kesalahan besar. Memang besarnya Memory memiliki pengaruh pada kinerja VGA karena dapat diibaratkan besarnya Memory adalah besarnya tangki bensin pada mobil. Besarnya Memory akan memiliki pengaruh jika Anda ingin bermain game dengan 3 layar monitor atau dapat dikatakan dengan resolusi layar yang besar.

vga-tips-memory

Nah jika tidak, maka lebih baik Anda melihat Memory Bandwidth dari VGA yang ingin Anda beli karena dapat dikatakan bahwa Memory Bandwidth merupakan selang bensin pada mobil Anda. Jadi jika Memory Bandwidth VGA kecil maka kemampuan VGA Anda untuk menghasilkan kualitas grafis akan kurang maksimal. Jadi semakin tinggi Memory Bandwidth VGA akan semakin cepat dan bagus pula grafis yang bisa dihasilkan. Sehingga Anda dapat bermain game pada tingkat Frame Per Second yang tinggi yang membuat layar menjadi tidak patah-patah.

3. Mengetahui spesifikasi PC dan mengetahui "Bottleneck".

Bottleneck adalah istilah yang sering digunakan di dalam merakit PC. Dapat diartikan bahwa mau sebesar apapun kapasitas botol yang Anda miliki jika tutup botolnya kecil maka air yang keluar akan lambat. Dalam kasus ini dapat diartikan sebagus apapun VGA yang Anda miliki, jika komponen PC Anda yang lain seperti Processor, Memory RAM, atau Mother Board tidaklah sesuai ataupun sudah ketinggalan jaman maka kemampuan VGA tidak akan maksimal.

vga-tips-motherboard

Sebagai contoh jika Anda masih menggunakan Processor Dual Core namun Anda membeli VGA mahal seperti GTX 780 Ti maka Anda tetap tidak akan dapat memainkan game Crysis 3 dengan tingkat kualitas grafis Ultra. Pastinya game akan tetap patah-patah saat dimainkan. Jadi sebaiknya Anda membeli VGA dibawah GTX 780 Ti untuk mengehemat uang Anda atau meng-upgrade terlebih dahulu Processor Anda.

4. Menggunakan 2 VGA sekaligus belum tentu solusi terbaik

VGA pada masa kini memiliki kemampuan untuk menjalankan 2 VGA sekaligus. Mode tersebut disebut sebagai CrossFire pada VGA keluaran Radeon dan SLI pada VGA keluaran Nvidia GeForce. Mungkin banyak yang berpikir dengan begitu Anda dapat menghemat biaya karena Anda mendapatkan 2x lipat kemampuan dari suatu VGA dengan memasangkannya sekaligus.

vga-tips-sli-crossfire

Tapi sebenarnya Anda hanya akan mendapatkan 25-50 persen tambahan kemampuan dari VGA yang kedua. Jadi Anda sebenarnya membayar 2 untuk mendapatkan 1,5 secara maksimal. Jadi bukankah sebaiknya Anda membeli 1 VGA saja yang cukup bagus sehingga Anda akan mendapatkan kemampuannya secara maksimal ditambah lagi Anda mendapatkan keuntungan dari efisiensi konsumsi listrik yang tentunya lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan 2 VGA sekaligus.

5. Cek terlebih dahulu apakah VGA benar-benar dapat Anda gunakan.

Sebelum membeli VGA, Anda harus melihat terlebih dahulu apakah VGA yang Anda inginkan benar-benar bisa Anda gunakan. Bisa saja ternyata VGA terlalu besar atau terlalu panjang untuk masuk dalam PC Anda. Jika sudah begitu Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli casing baru dan merakitnya kembali. Sayang sekali bukan?

vga-tips-powersupply

Selain itu Anda harus melihat apakah ada slot yang tersedia untuk VGA Anda pada Mother Board Anda. Lalu Power Supply juga perlu diperhitungkan dengan baik. Bisa saja kebutuhan listrik yang diperlukan jauh lebih besar dari yang bisa disediakan oleh Power Supply. Jika hal tersebut terjadi maka PC tidak dapat menyala atau jika dipaksakan akan dapat merusak komponen PC yang hidup namun kekurangan daya listrik.

6. Perhatikan sistem pendingin pada VGA.

Sistem pendingin pada VGA juga menjadi hal yang penting jika Anda ingin VGA Anda dapat bertahan untuk waktu yang lama. Panas juga menjadi musuh utama dari komponen-komponen pada PC. Seperti yang kita ketahui pastinya VGA sudah memiliki kipas bawaan untuk mendinginkan GPU dan komponen lainnya. Tapi mungkin saja kipas tersebut kurang cukup untuk mengurangi panas VGA yang digempur habis-habisan saat Anda bermain dengan pengaturan maksimal dalam waktu yang lama. Terlebih lagi Anda tidak bermain di ruangan yang ber-AC sehingga pastinya komponen PC akan lebih cepat panas.

vga-tips-cooling-system

Banyak sekali kipas pendingin yang jauh lebih bagus dari kipas bawaan di VGA Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli kipas pendingin yang lebih bagus untuk memastikan VGA mahal yang Anda beli tidak segera rusak karena tidak dapat mengeluarkan hawa panas saat digunakan secara terus-menerus.

Itu adalah tips-tips yang bisa kami berikan kepada Anda dalam memilih VGA yang tepat bagi kebutuhan Anda. Semoga tips ini bermanfaat!! ^-^

evergreen

Other Article