Hati-hati dengan Twitch bot chat di Steam yang berisi penipuan!!

Share

twitch-malware-logoTwitch yang merupakan layanan streaming video game paling populer saat ini tengah mengalami masalah keamanan. Tampaknya para pengguna Steam harus berhati-hati dengan ajakan dari Twitch bot yang menjanjikan hadiah berbagai item karena itu merupakan penipuan.

 

 

Jika Anda mendapatkan chat dari Twitch bot saat Anda sedang bermain game Counter Strike: Global Offensive sebaiknya Anda abaikan. Modus penipuan yang dilakukan adalah dengan mengatakan bahwa ada undian item-item langka dan para gamer tinggal berpartisipasi dalam undian tersebut.

csgo-prize-fraud

Nantinya Anda akan diberikan sebuah link yang akan mengarah ke sebuah situs dimana Anda akan diminta untuk menulis nama, alamat email user, dan izin untuk mempublikasikan nama Anda. Tapi setelah Anda selesai memasukkan informasi pribadi Anda, maka bukan item-item langka yang Anda dapatkan tetapi ID Anda akan langsung mendapatkan malware sehingga PC dapat melakukan screenshot pada layar monitor Anda, menerima teman Steam secara acak serta menerima friend request yang masih pending, dan yang paling parah adalah ID Anda akan dengan sendirinya mengirimkan item ke orang lain dan juga membeli item-item sampai uang Anda habis di Steam Wallet.

Jadi malware ini membuat Anda menghabiskan semua uang Anda di steam serta memberikan item-item yang Anda miliki secara cuma-cuma kepada orang lain yang mungkin adalah ID sang hacker. Jadi sang hacker tampaknya mencari keuntungan dengan menggunakan item-item serta uang yang Anda miliki untuk diberikan kepada sang hacker dan kemudian hacker dapat menjual item yang berhasil dia dapatkan sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

csgo-twitch-malware

Memang Steam merupakan aplikasi gaming yang memiliki sistem security yang sangat baik untuk menghadapi serangan-serangan program malware dari luar, namun ketika program malware tersebut masuk dari dalam (seperti pada kasus ini), maka Steam Guard juga tidak akan dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Hingga saat ini masih belum ada konfirmasi langsung mengenai hal ini oleh dari pihak Steam maupun Twitch.

Tapi kami mengingatkan kepada para pengguna Steam untuk berhati-hati atas penipuan ini dengan tidak menanggapi ajakan atau tawaran dari pihak asing yang tidak Anda kenal di dalam Steam untuk mencegah terjadinya penipuan.

evergreen

Other Article

 

db3 logoBagi kalian penggemar Diablo 3 yang sudah membeli game ini dengan cara "Digital Purchase", kalian sudah bisa mulai men-download clientnya sekarang. Ini dilakukan Blizzard agar

...