Jangan gunakan Vacuum Cleaner untuk bersihkan PC!!

Share

pccleaning-logoSeperti yang kita ketahui bahwa PC kita perlu dibersihkan dari debu-debu yang pasti menempel di dalam komponen-komponen seperti VGA, Mother Board, Ram, Hard Disk, kipas, dan masih banyak lagi. Tahukah Anda bahwa ada hal yang tidak boleh Anda lakukan saat membersihkan PC?

 

 

Pertama-tama alasan kita membersihkan PC dari debu adalah untuk mencegah partikel-partikel debu menumpuk dan membuat panas tidak dapat mengalir keluar dengan sempurna. Dengan begitu PC Anda akan lebih cepat panas saat digunakan dan menjadi lebih cepat rusak karena panas dapat merusak komponen-komponen penting pada PC Anda.

pccleaning-debu

pccleaning-kompresor

Kipas yang berdebu juga menyebabkan penurunan kinerja kipas dan menyebabkan sirkulasi panas tidak berjalan dengan baik. Selain itu debu juga dapat mengganggu aliran listrik pada konektor-konektor pada PC sehingga menyebabkan komponen menjadi tidak berfungsi saat ingin digunakan.

Oleh sebab itu kita harus secara teratur membersihkan PC supaya kinerjanya tetap stabil dan mencegah kerusakan akibat panas. Pada umumnya orang-orang membersihkan PC dengan menggunakan kompresor untuk meniup debu-debu yang menempel pada komponen PC. Selain itu ada juga yang menggunakan kuas untuk menyapu debu-debu yang menempel pada komponen dan membersihkan konektor-konektor dengan menggunakan alkohol hingga bersih.

Nah terkadang ada juga yang berpikir untuk menggunakan vacuum cleaner yang biasa digunakan untuk menyedot debu pada perabotan rumah tangga. Sebaiknya Anda tidak menggunakan Vacuum Cleaner pada PC Anda!! Meskipun PC Anda bisa bersih dari debu-debu yang menempel, ternyata vacuum cleaner dapat menciptakan listrik statis yang dapat merusak komponen pada PC. Hal ini dibuktikan dengan adanya vacuum cleaner dari DataVac yang menyatakan bahwa vacuum cleaner mereka bebas dari listrik statis dan memang diperuntukan untuk menyedot debu-debu pada komponen-komponen listrik.

pccleaning-datavacpccleaning-kuas

Vacuum cleaner merk DataVac tidaklah murah yaitu seharga $200, jadi jika Anda ingin membersihkan PC Anda maka gunakan cara tradisional yaitu dengan meniup debu dengan kompresor atau menyapu bersih debu dengan kuas. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda!! ^-^

evergreen

Other Article