Ide Virtual Reality Headset versi mobile akan hadapi tantangan besar

Share

samsung-gearvr-logoPihak Samsung telah mengumumkan Gear VR yang merupakan sebuah virtual reality headset untuk Galaxy Note 4 namun tetap menggunakan software dari Oculus VR. Namun ternyata untuk membuat software Oculus VR dapat berjalan di Android bukanlah hal yang mudah.

 

 

Menurut John Carmack yang merupakan Chief Technical Officer dari Oculus gagasan untuk membawa virtual reality headset menuju ke arah mobile smartphone sangatlah sulit. Dia merasakan bahwa sistem Android adalah tantangan tersulit yang dia hadapi saat ini, meskipun ternyata mengadaptasikan software Oculus VR ke platform lain jugalah sulit.

samsung-gearvr-main

John Carmack mengatakan bahwa Operating System Android yang dikembangkan oleh Google sangat sulit dikembangkan karena Android masih menggunakan sistem Java yang menurutnya merupakan sebuah hal yang sangat defensif untuk dikembangkan serta karena pihak Google sendiri juga tidak memberikan native code bagi pihak luar yang biasa digunakan untuk membangun sebuah sistem atau software. Jadi pengembangan Oculus VR ke arah mobile dikatakan akan memakan waktu lama.

Selain itu juga ada masalah pada Power Management dimana developer harus memperhatikan daya tahan baterai saat menjalankan aplikasi Oculus VR dan juga bagaimana developer dapat memanfaatkan CPU Quad Core secara penuh untuk menghasilkan gambar terbaik pada Gear VR yang merupakan senjata andalan dari Samsung untuk melawan kompetitor smartphone lainnya. Kendala lainnya adalah CPU dari smartphone cenderung mengalami overheat ketika digunakan secara maksimal hanya dalam hitungan menit.

Namun hal tersebut untuk saat ini akan diakali dengan sistem notifikasi bagi para pengguna Gear VR ketika CPU sudah mengalami overheat sehingga mereka dapat memilih untuk tetap melanjutkan atau mengakhiri menggunakan Gear VR serta pilihan untuk mengubah pengaturan menjadi low-power jika game yang sedang dimainkan memiliki fitur tersebut.

samsung-gearvr-main.-1

samsung-gearvr-main.-2

Hal-hal tersebut yang dirasa akan menjadi permasalahan bagi para developer-developer game pada nantinya. Dimana mereka harus memilih bagaimana mereka memanfaatkan virtual reality headset untuk dapat berfungsi secara maksimal pada game-game mereka. Kita tahu bahwa terdapat game mobile juga memiliki kategori game berat dan juga game ringan. Tapi tentunya lebih banyak game-game ringan dibandingkan dengan game berat dan game-game ringan juga dirasa lebih cocok dengan VR (virtual reality) oleh John Carmack. Namun Ia juga mengatakan kekurangan dari VR pada mobile phone karena  mungkin kita akan mengganggu orang lain ketika kita menggunakan VR headset di tempat umum.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda akan menggunakan teknologi VR headset untuk smartphone ketika alat tersebut sudah resmi dirilis?

evergreen

Other Article