Spesifikasi dari PS 4 setara "Low-End" PC?

Share

ps4-logoSetelah sempat digembar-gemborkan akan dapat menyamai "High-End" PC, kini pihak Nvidia angkat bicara mengenai hal tersebut. Ternyata ada sebuah alasan mengapa kini Sony menggunakan ATI Radeon sebagai GPU dalam PlayStation 4.

 

Tony Tamasi selaku senior vice president bidang teknologi di Nvidia mengatakan bahwa pihak Nvidia yang sebelumnya menyediakan GPU (Graphics Processing Unit) untuk PlayStation 3, kini menolak kerja sama dengan pihak Sony untuk menyediakan GPU untuk PlayStation 4. Hal tersebut terjadi karena pihak Nvidia menilai jumlah dana yang disediakan oleh pihak Sony terlalu kecil.

ps4-spec-main

Ia pun akhirnya secara terang-terangan menyatakan bahwa spesifikasi dari PlayStation 4 menyerupai "Low-End" PC. "Dibandingkan dengan gaming PC, spesifikasi dari PS 4 berada di lingkungan "Low-End" PC dan pada tingkatan low-mid GPU", kata Tonu Tamasi menjelaskan. Dia mengklaim bahwa sistem dari PS 4 (meskipun belum dirilis), sudah jauh tertinggal oleh PC. "Jika PlayStation 4 akan dirilis pada bulan Desember 2013 seperti yang Sony rencanakan, console tersebut hanya akan menawarkan sekitar setengah dari kemampuan GPU GTX 680 yang telah dirilis pada bulan Maret 2012 lalu dan terhitung lebih dari satu setengah tahun yang lalu".

Pakar teknologi di Nvidia ini juga memberikan pandangannya tentang umur yang terbatas dari console ini dan juga sifat sistem yang tertutup dari PlayStation 4 juga akan menghalangi console ini bertahan dalam waktu yang lama. "Apa yang akan Anda dapatkan dalam PlayStation 4 dalam hal kinerja hanya akan bertahan dalam waktu 5-10 tahun saja. Sedangkan PC tidak akan mengalami masalah ini".

Seperti yang kita ketahui, sistem PC sangatlah terbuka untuk dimodifikasi dan diperbarui. Anda dapat langsung mengganti GPU jika Anda merasa GPU lama Anda sudah tidak dapat memainkan game-game terbaru dengan baik. Jadi kita bisa terus mendapatkan teknologi terbaru untuk PC kita. "Jika sejarah dikatakan dapat memprediksi masa depan, maka "next-gen" console yang memang lebih bagus daripada console sebelumnya tetap tidak akan dapat bersaing dengan PC", tambah Tony Tamasi.

geforcetitan-main

Jadi pihak Nvidia merasa bahwa berakhirnya kerja sama dengan pihak Sony merupakan solusi yang terbaik karena kini mereka dapat berfokus pada pengembangan next-gen hardware seperti Geforce GTX Titan untuk PC dan juga berfokus pada high-end graphic processor untuk Apple.

evergreen

Other Article