Fitur auction house telah merusak gameplay Diablo 3

Share

diablo3-logoDalam event Game Developers Conference 2013 di San Francisco, Jay Wilson (mantan game director dari Diablo 3) yang mengundurkan diri setelah banyak menerima kritik negatif atas game Diablo 3 fitur auction house telah "benar-benar melukai gameplay dari Diablo 3".

 

Sebelum game Diablo 3 dirilis, pihak Blizzard berharap bahwa fitur ini akan mengurangi berbagai aksi penipuan dan juga menyediakan layanan bagi para gamer yang menginginkannya. Pihak Blizzard juga berpikir bahwa harga barang yang dijual dalam auction house akan tetap terjaga dengan adanya permintaan dan penawaran yang seimbang nantinya.

diablo3-auctionhouse-main

Ternyata rencana tersebut telah menjadi bumerang karena kebanyakan gamer telah memanfaatkan fitur tersebut dan sekitar 50 persen dari jumlah pemain Diablo 3 kini menggunakan fitur tersebut secara terus menerus. Sekedar informasi, game Diablo 3 masih memiliki sekitar 1 juta pemain setiap harinya dan dengan jumlah sekitar 3 juta per bulan, kata Jay Wilson. Uang telah menjadi motivator yang jauh lebih besar dari apa yang developer rencanakan, oleh hal tersebut telah merusak item reward.

Gold auction house lebih merusak game Diablo 3 daripada real-money auction house karena para gamer lebih banyak menggunakan gold auction house dan hal tersebut menyebabkan harga menjadi fluktuatif. "Saya pikir kami akan menghentikan fitur tersebut jika kami bisa", kata Jay Wilson. Namun untuk saat ini pihak Blizzard belum mengetahui berapa banyak gamer yang sering menggunakan fitur tersebut dan berapa banyak gamer yang membenci fitur tersebut. Menghilangkan sebuah fitur tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena perubahan tersebut nantinya bisa mengganggu para gamer.

diablo3joystick-main

Untuk saat ini pihak Blizzard sedang bekerja sama dengan Sony untuk mengembangkan game Diablo 3 yang akan dirilis pada PlayStation 3 dan PlayStation 4. Dalam versi console game Diablo 3 akan memiliki fitur offline dan tidak akan menggunakan fitur auction house yang mungkin merupakan upaya dari Blizzard untuk memperbaiki game ini.

evergreen

Other Article

steamcontrolleraction-logoBeberapa waktu lalu Valve telah menggemparkan dunia game konsol, dimana mereka mengeluarkan sebuah kontroler yang disebut Steam Controller. Walaupun dikatakan kontroler ini memiliki beberapa kelebihan

...