Industri game PC masih mengalami peningkatan

Share

pcgamingalliance-logoPC Gaming Alliance yang merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh berbagai perusahaan seperti Razer, Intel, dan Capcom telah mengumumkan hasil laporan yang telah mereka kerjakan. Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa industri game PC ternyata masih terus berkembang.

 

Menurut DFC Intelligence, pasar game-game PC telah tumbuh menjadi $ 20 miliar pada tahun 2012 dengan peningkatan sebesar 8% dibandingkan dengan tahun 2011. Game-game berkualitas seperti Diablo 3, Guild Wars 2, dan Minecraft dikatakan menjadi faktor yang memperkuat industri game PC, terlepas dari mulai hilangnya game MMO berlangganan dan juga meningkatnya kompetisi dari game mobile.

Pada laporan tersebut juga menunjukkan bahwa negara China merupakan negara dimana game PC paling cepat berkembang dan menjadi pasar terbesar dengan total pendapatan sekitar $ 7 miliar. Tingginya penjualan game-game PC di negara China juga disebabkan oleh kurang berkembangnya industri game console di sana sehingga PC menjadi platform yang paling dominan di negara China.

pcgamingalliance-main

Hingga saat ini ternyata telah ada lebih dari 1 miliar gamer yang menggunakan PC di seluruh dunia dan DFC Intelligence memprediksi bahwa industri game PC akan bertumbuh menjadi $ 25,7 miliar pada tahun 2016. Lembaga Jon Peddie Research juga melakukan penelitian terhadap para PC gamer di Amerika Serikat. Menurut laporan yang mereka buat, PC gamer dengan OS Windows di Amerika memiliki umur rata-rata sekitar 35 tahun. Angka tersebut dinilai sangat tinggi dan industri game PC ingin mencoba untuk memperkecil angka tersebut dengan menargetkan para gamer yang lebih muda.

Lalu ternyata tingginya tingkat pertumbuhan industri game PC juga menyebabkan peningkatan pendapatan bagi hardware-hardware PC. Sebagai contoh, meskipun penjualan VGA "high-end" hanya sekitar 5% dari total penjualan VGA saat ini, namun hasil penjualan tersebut telah mewakili 20% dari total pendapatan VGA. Ted Pollak dari JPR mengatakan bahwa VGA berharga ribuan dollar seperti Nvidia Titan merupakan hal yang mendorong kondisi tersebut.

Ted Pollak juga mengatakan bahwa kunci untuk pertumbuhan pasar game PC di masa depan adalah melalui dunia pendidikan. Kini harga PC juga sudah semakin murah dan Anda dapat memainkan hampir semua game tanpa mengalami gangguan pada PC "low-mid" saat ini. Jadi tampaknya industri game PC masih memiliki potensi yang bagus di masa mendatang.

pcgamingalliance-main1

evergreen

Other Article