Sebuah sekolah dijadikan map dalam game Counter Strike

Share

cs-logoMinggu lalu, CBC News telah melaporkan sebuah berita mengenai reaksi para penduduk Kanada terhadap sebuah map dalam game Counter-Strike yang dibuat sedemikian rupa untuk meniru tata letak dari Port Moody Secondary School di British Columbia, Kanada.

 

Kini dalam game Counter-Strike terdapat sebuah fitur yang memungkinkan para gamer untuk merancang sebuah skenario atau adegan yang dibuat dalam bentuk "map" atau peta untuk dimainkan bersama dengan orang lain. Dalam kasus ini, seorang gamer telah membuat map berdasarkan Port Moody Secondary School untuk dijadikan tempat aksi militer / tembak-menembak, namun dalam map tersebut tidak terdapat karakter siswa ataupun guru.

cs-portmoody-main

Seorang pemuda yang mengaku terlibat dalam menciptakan map tersebut mengatakan bahwa Ia percaya gamer-gamer sekarang telah cukup dewasa untuk menyadari bahwa kebebasan yang para gamer dapatkan di dunia maya tidak akan bisa dilakukan pada kehidupan nyata. Komentar tersebut Ia keluarkan melalui sebuah website dan Ia pun juga menjawab beberapa pertanyaan dari CBC News.

Pria yang menolak untuk mengidentifikasi dirinya tersebut kemudian menjawab pertanyaan dari CBC News melalui rekaman audio. Dalam rekaman tersebut Ia menyatakan bahwa dirinya merupakan seorang alumnus dari Port Moody Secondary School.

"Kami memiliki loker yang berwarna-warni yang seperti pelangi di sekolah kami dan tempat tersebut merupakan ruangan penuh mimpi bagi kami. Namun ketika kami melihat di dalam video game, terjadi aksi tembak-menembak di tempat tersebut kami merasa sangat terganggu", kata Alex Devlin yang seorang guru di Port Moody Secondary School. "Saya percaya bahwa hal tersebut hanya sebuah game dan hal tersebut bukanlah realita. Tapi kini banyak anak-anak yang tidak hidup di dalam realitas", kata seorang warga lokal.

cs-portmoody-main1

Kepolisian di kota Port Moody mengatakan bahwa mereka telah menerima laporan dari para pejabat sekolah dan mulai mewawancarai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini. "Meskipun aksi pembuatan map dalam video game cenderung disalah-gunakan dalam kasus ini, namun hal tersebut bukanlah suatu pelanggaran", kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Kepolisian di kota Port Moody. Pihak penyidik dari Departemen Kepolisian juga telah mewawancarai developer dari map tersebut dan menyimpulkan bahwa Ia tidak menimbulkan bahaya bagi para staf ataupun siswa dari Port Moody Secondary School.

Berikut video gameplay dari map Port Moody Secondary School dalam game Counter Strike :

 

evergreen

Other Article