DICE tertarik untuk bawa Battlefield 4 ke ajang e-Sports

Share

battlefield4-logoSetelah mengumumkan secara resmi game Battlefield 4, kini DICE telah memberikan beberapa petunjuk mengenai apa yang akan mereka rencanakan pada game terbaru mereka tersebut. Tampaknya multiplayer mode akan kembali menjadi hal utama yang akan dikembangkan oleh pihak DICE.

 

Dalam sebuah wawancara, Karl Magnus Troedsson (General Manager dari DICE) menyatakan bahwa mutliplayer mode akan menjadi "jantung" dari game Battlefield 4. "Saya tidak bisa berbicara secara spesifik karena kami belum mengumumkannya secara resmi, tapi yang bisa saya katakan adalah bahwa kami tertarik dengan e-Sports". Jika hal tersebut benar terjadi maka sudah dapat dipastikan bahwa akan terdapat kejuaraan dunia dalam game Battlefield 4.

bf4-screenshot

Karl Magnus Troedsson juga telah mengakui bahwa untuk membuat e-Sports yang sukses berarti tidak cukup dengan hanya memberikan fitur live streaming ke dalam game. Ia mengatakan untuk membuat e-Sports tidak semudah yang dipikirkan developer game lainnya yaitu dengan hanya melakukan x, y, dan z dan semuanya selesai. Kini diperlukan lebih dari hal tersebut untuk dapat membuat acara e-Sports yang sukses.

Banyak gamer yang berpikir bahwa e-Sports merupakan sebuah fenomena yang baru, namun sebenarnya ajang e-Sports sudah ada sejak lama. Kini acara e-Sports mulai menjadi lebih hidup dengan adanya dukungan dari live streaming dan juga media-media online lainnya yang membuat ajang e-Sports semakin luar biasa. "Jadi melihat hal tersebut, kami menjadi sangat tertarik pada e-Sports dan kami pasti akan mencari tahu apa yang bisa kami lakukan di ajang tersebut", tambah Karl Magnus Troedsson.

Hal tersebut merupakan sebuah ide yang menarik, namun kami melihat bahwa luasnya map dalam game-game Battlefield akan menjadi suatu masalah. Game-game FPS telah cukup lama berjuang untuk mendapatkan perhatian para penonton e-Sports yang selama ini didominasi oleh Starcraft II, League of Legends, dan DotA 2. Kesamaan yang dimiliki oleh ketiga game tersebut adalah ukuran map yang kecil dan adanya aksi yang terus menerus terjadi. Jadi jika game Battlefield 4 ingin sukses dalam ajang e-Sports mereka harus memikirkan hal tersebut.

bf4-esports-main

Seperti yang kita ketahui, gameplay dari multiplayer mode dalam game Battlefield dapat dikatakan cukup rumit karena berbasis team-work dan juga memakan waktu yang lama. Pemahaman terhadap apa yang terjadi dalam perperangan skala besar dan juga dalam skala individual akan menjadi sebuah permasalahan bagi para penonton dan juga pembawa acara. Untuk itu, apa langkah yang akan diambil oleh DICE untuk membawa game Battlefield 4 ke dalam ajang e-Sports?

evergreen

Other Article