Teknologi Thunderbolt terbaru tembus transfer data 20 Gbps

Share

thunderbolt-logoIntel pada hari ini telah mengumumkan generasi berikutnya dari teknologi Thunderbolt yang akan melipat-gandakan kecepatan dan kinerja dari teknologi Thunderbolt yang sebelumnya.

 

 

Teknologi Thunderbolt terbaru yang Intel umumkan pada konferensi National Association of Broadcasters 2013 akan dapat melakukan transfer data dengan kecepatan 20Gbps yang lebih cepat hingga 2x lipat jika dibandingkan teknolgi saat ini. Selain itu kabel dari Thunderbolt terbaru juga dikabarkan lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

thunderbolt-main

Selain itu teknologi ini juga akan tetap bisa digunakan pada semua hardware ataupun device yang memiliki teknolgi Thunderbolt serta dikatakan dapat mentransfer 4K video dan memperlihatkanya pada layar di saat bersamaan yang berarti awal mula kehidupan VGA eksternal untuk PC dan Mac. Sementara itu pihak Intel telah memperlihatkan sebuah kabel data yang dapat melakukan transfer data secepat 1.200 Mbps yang sudah jauh lebih cepat daripada kabel data yang ada di pasaran saat ini.

Port untuk Thunderbolt pertama kali diperkenalkan melalui sebuah kerja sama antara pihak Apple dan Intel pada awal tahun 2011 dan hingga saat ini telah digunakan pada semua komputer Apple. Saat ini teknologi Thunderbolt juga sedang menuju ke sejumlah PC dan pada awalnya teknologi ini akan hadir pada PC dari Lenovo dan Acer.

thunderbolt-main1

Intel berencana untuk mengembangkan versi terbaru dari Thunderbolt hardware yang diberi kode "Falcon Ridge" yang akan berintergrasi dengan chipset generasi berikutnya. Sayangnya teknologi ini tidak akan dapat kita rasakan pada tahun ini karena pihak Intel telah menyataka bahwa teknologi Thunderbolt terbaru akan hadir pada tahun 2014.

evergreen

Other Article

eachillingofounderleave-logoBerita mengejutkan datang dari Chillingo, sebuah pengembang game mobile yang beberapa tahun lalu telah dibeli oleh Electronic Arts. 2 orang penemu dari Chillingo diberitakan telah

...