Jepang berikan layanan internet tercepat di dunia dengan 2 Gbps

Share

fastestinternet-logoSo-net Entertainment yang merupakan (ISP) Internet Service Provider di Jepang telah merilis teknologi fiber optik bernama "'Nuro" yang bisa melakukan download dengan kecepatan 2 Gbps. Dapat dikatakan Anda dapat membuka semua website dalam waktu 1 detik saja.

 

Kita semua tahu bahwa negara Jepang memiliki kecepatan internet yang cukup mengagumkan, namun kini mereka berusaha untuk menjadi yang tercepat di seluruh dunia. So-net Entertainment merupakan ISP yang didukung oleh Sony dan mereka dengan bangga mengumumkan layanan fiber optik "Nuro" untuk dapat digunakan di rumah-rumah dengan kecepatan download hingga 2 Gbps atau berarti 256 MBps.

fastestinternet-main

Sebagai perbandingan, kecepatan internet rata-rata di Amerika Serikat adalah sekitar 3 Mbps dengan kecepatan internet tercepat yang tersedia adalah pada kecepatan sekitar 150 Mbps. Berarti layanan yang ditawarkan oleh So-net Entertainment 13x lebih cepat daripada layanan internet tercepat di Amerika Serikat.

Layanan ini juga menawarkan kecepatan upload sebear 1 Gbps dan akan tersedia untuk rumah, apartemen, dan usaha-usaha kecil di Tokyo dan 6 prefektur di sekitarnya. Menurut Anda berapa harga layanan internet "Nuro" per bulan? 10 juta per bulan? Atau lebih? Anda semua salah besar jika memikirkan hingga nominal tersebut. Hebatnya layanan tersebut dapat Anda gunakan dengan cukup membayar ¥ 4.980 per bulan (sekitar Rp 500.000). Murah sekali bukan jika dibandingkan dengan layanan internet di Indonesia?

Perusahaan ISP asal Jepang tersebut juga mengatakan bawha layanan Nuro juga termasuk penyewaan sebuah ONU (optical network unit) yang dirancang untuk dapat menangani kecepatan tinggi dari internet. Perangkat ONU biasanya digunakan di rumah-rumah dan bisnis untuk mengkonversi serat fiber optik menjadi broadband Internet. Tapi pastinya para pengguna layanan ini tidak akan dapat benar-benar melihat kecepatan 2 Gbps pada komputer mereka karena kecepatan tersebut melebihi kapasitas adaptor jaringan pada PC.

fastestinternet-main1

Pemerintah Jepang sendiri ternyata telah menjadi pendukung terbesar dari fiber-to-the-home (FTTH) untuk koneksi ke rumah-rumah pribadi. Sekitar 25% perumahan di Jepang telah terhubung dengan layanan FTTH dan membuat negara Jepang menjadi negara tertinggi kedua di dunia dalam urusan Internet dimana peringkat 1 adalah negara Uni Emirat Arab yang telah mencapai 70%. Tapi perlu diingat bahwa negara Uni Emirat Arab sebenarnya hanya sebuah kota saja.

Melihat hal tersebut, kapankah layanan Internet di Indonesia akan membaik dan bisa menyaingi negara-negara maju lainnya? Semoga saja hal tersebut dapat segera tercapai.

evergreen

Other Article